Senin, 08 Juni 2009

SDN RSBI Kebon Jeruk 11 Jakarta Barat

Kisah Dinda anakku berjuang masuk SDN RSBI Kebon Jeruk 11 Jakarta Barat

Tgl 1 Juni, aku dan suami datang ke SDN RSBI Kebon Jeruk 11, ternyata sudah banyak yang datang dan absen! Dinda dapet urutan 153, fiuhhh. Membawa dokumen Kartu Keluarga, Akte Kelahiran. Baru dipanggil sekitar jam 11an deh, setelah dicocokin data, sesuai gak umurnya, karenan masuk SD itu minimal 6tahun, banyak juga yang pulang karena usia masih dibawah 6tahun. Setelah mendapat formulir, baru deh kita isi kemudian fotocopy dan dikembalikan lagi formulirnya.

Tgl 3 Juni 2009 jam 7.30 Dinda sudah ada di SDN RSBI Kebon Jeruk 11, karena jam 8 mau ujian tes masuk. Dapet name tag yang ditempel di dada, bawa alat2 tulis seperti penggaris, crayon, pinsil, penghapus. Sebelum tes baris dulu di lapangan sesuai kelasnya, ada kata sambutan juga dari KepSek Pak Untung. Hari ini tes di kelas, seperti psikotes. Kata Dinda gampang, sama kayak yang di sekolah waktu ibu guru kasih.





Tanggal 4 Juni 2009, karena Dinda no urut 153 dapet wawancara jam 13.00, kita datang jam 12.30, eeehh ternyata baru no urut 88. Waduh, baru separonya.. tapi sambil nunggu kita cari2 tau, pertanyaan2 untuk wawancara, hihi, katanya dalam bahasa inggris. Daaaaan akhirnya jam 3 kurang 5 Dinda masuk ruang untuk diwawancara. Penguji langsung menyambut dengan "Hi, how are you Dindaaa?" Dan Dinda menjawab pertanyaan bahasa Inggris, seperti nama ayah, nama ibu, alamat rumah. Kemudian penguji mengeluarkan lembaran2 kertas bergambar dan Dinda menjawab benda apa kemudian warna apa, jumlah berapa, kenapa suka benda itu, semua dalam bahasa Inggris. Abis itu disuruh nyanyi dalam bahasa inggris Dinda milih lagu Twinkle2 Little Star pake nari2 pula, walaaahh.. Abis itu penguji nanya2 lagi dari kertas2, tapi abis itu kok keabisan kertas, dia nunjukin pulpen, setip, papan tulis, warna vas bunga, dan semua dijawab Dinda dengan lancar in English. Jam 3 lewat 8 menit Dinda keluar dari ruangan. hmmm sekitar 13 menitan deh di dalam. Tinggal nunggu pengumuman tgl 8 Juni nanti.





Tadi malam tidur tak nyenyak, karena hari ini keluar pengumuman hasil tes masuk SDN RSBI Kebon Jeruk 11. Jam 8 pagi setelah antar Dinda ke TK Ikal II Bulog - Pos Pengumben, aku dan suami langsung meluncur ke SD. Daaaannnn... tercenganglah aku... Dinda ranking 2!! Dari 180 anak yang ikut tes, dinda ranking 2 dan hanya 28 murid yang diterima. Alhamdulillah ya Allah.. Dengan terisak2 aku mencatat nilai-nilai Dinda. Hehehe ada anak murid SD 2-3 orang yang nonton aku berair mata sambil nyatet2 nilai. hahaha
ini nilai Dinda:

Pengenalan bilangan 80
Pengelompokan gambar 100
Mengurut angka 120
Mewarnai 80
Pola batik 74
Menggunting menempel 60 (gak heran, paling gak suka maen lem)
Pengenalan lingkungan 90
Penampilan seni 90
Bahasa Inggris 90

Dari TK Dinda, TK Ikal II Bulog, yang ikut tes ada 5 orang tapi yang keterima hanya 2 orang, Dinda dan teman sekelasnya, Akbar.

Jam 9.00 orang tua murid yang diterima, kemudian masuk kelas 1 untuk briefing. Ngomongin uang sumbangan. Seperti yang aku dapet info dari browsing dan dari temen2 yang guru SD, kalau SDN RSBI gak gratis, karena hanya dapet subsidi BOB dan BOS aja, yang tentunya gak cukup untuk kebutuhan sekolah. Standar kelas yang harus dipenuhi ya swadaya dari orang tua murid. Kita siy maklum aja, sedangkan SDN RSBI Kebon Jeruk 11 Jakarta ini baru berstatus RSBI 2 tahun ini. Pemerintah untuk tahun ini menyumbang lab komputer berkapasitas 40 komputer, yang sudah ada saat ini baru ada lab bahasa dan lab IPA. Oh ya sekolah ini masuk jam 6.30 selesai jam 12.10 untuk yang kelas 1.
Semoga Dinda betah deh. Tadi waktu kita briefing di kelas 1, aku ngerogoh2 laci meja, nemu math book seorang murid kelas 1, aku intip2 dong, waaa, pake bahasa Inggris instruksinya... emang gak salah niy, bilingual school yang terjangkau ya SD Negeri RSBI aja deee. Untuk saat ini SDN RSBI di Jakarta hanya ada 5, SDN Menteng 01 (sekolahnya Obama), SDN Menteng 02, SDN Kebon Jeruk 11, SDN Pondok Labu dan SDN Labschool IKIP Jakarta Timur.

Tetapi memang nggak sia-sia Dinda sekolah di TK Bulog 4 tahun! Setahun di play group & setahun di TK A, kemudian waktu TK B mau ke SD kok usianya kurang dari 6tahun, akhirnya Dinda dimasukin lagi TK B, so TK B 2tahun. Dinda dari playgroup sampai TK B pertama tidak ambil les di luar sekolah, karena dari sekolah sudah ada ekskul komputer, nari, ngaji, bahasa inggris, menggambar. Baru ketika masuk ke TK B tahun kedua, Dinda ikut les bahasa Inggris di komplek Vila Kelapa Dua Jakarta Barat (Speak Easy). Disarankan ambil les Inggris dari ibu guru Tati yang melihat Dinda kalau belajar Inggris di sekolah lebih cepat menangkap pelajaran Inggris. Secara aku dulu tau bahasa Inggris kelas 5 SD dari eyang kakungnya Dinda. hehe.. Tempat les ini atas referensinya mbak Yana, tantenya anak2 untuk anter jemput TK. Di Speak Easy Dinda ikut les 3 kali seminggu hari senin, rabu dan jumat jam 17.00 - 18.30, biayanya rp 250000/bulan. Disana diajarkan menulis, berhitung, membaca, ya seperti di sekolah juga ada mewarnai, menyanyi, activity yang lain seperti membuat kreasi dll. Jadi dengan les di luar sekolah udah cukup berat, gak ada tambahan les apapun, karena melihat teman2 Dinda yang lain ada les kumon, les musik, les gambar, les calistung (membaca tulis berhitung), duuh kok kasihan si anak, tetapi kalau enjoy siy gak papa:) Alhamdulillah dari guru2 TK Ikal II Bulog (Ibu Ratmi - Kepsek, Ibu Tati-wali kelas B3, dll) mendukung Dinda ketika TK B mengulang lagi.



Bookmark and Share


Cegah kanker serviks sedini mungkin, gunakan AVAIL pembalut herbal, Join AVAIL klik disini

Photobucket

5 komentar:

Tri Hastuti mengatakan...

Mba dyah kl sdn 11 skrg msh rsbi ga ya mba? Trus kl skrg minimal umur brp mba masuk ke sana? KK nya harus org sekitar ga mba?

Dyah Kusuma Susanti mengatakan...

maaf baru respon mba Tri, Dinda sudah pindah. Untuk SD 11 kb jrk kurang tahu untuk kondisi skg. Per Januari 2013 RSBI sudah dihapus, smoga bisa bantu :)

Shine Bright mengatakan...

Sekarang ini pindah kemana mba? Ada recomend SDN utk jakarta barat? Terimakasih

Dyah Kusuma Susanti mengatakan...

maaf.. Dinda tempo hari di SDN Rawamangun 12 Jakarta Timur, 1 komplek di UNJ, belakang Lab School :)

Dyah Kusuma Susanti mengatakan...

Untuk Jakarta Barat kurang tau ya mba