Selasa, 05 Mei 2015

DIY White Wedding



Alhamdulillah...

Kemarin Sabtu 2 Mei 2015 telah dilangsungkan ijab kabul aku n mas Koko. Acara akad nikah mulai jam 9 pagi. Akad nikah secara sederhana dihadiri keluarga n teman dekat tidak sampai 100 orang. Kalo lamaran telah dilaksanakan tanggal 21 Februari 2015. Hanya dihadiri keluarga inti saja.
Semua persiapan aku sendiri yang persiapkan. Papa mama gk tau apa2, taunya dateng ke mesjid tinggal ikut acara. Konsepnya DIY white wedding. Banyak browsing pinterest juga. Hehe..Busana untukku n anak2 putih semua n alhamdulillah baru semua alias gak nyewa2 dari tempat lain. Rok anak2 perempuan aku buat sendiri. Rok lilit dari bahan shantung broken white. Busana mas Koko dijahit di penjahit busana manten di Pak Wid Slipi. Langganannya sanggar pengantin besar yang ada di Jakarta tapi harga terjangkau. Disitu bahan bridal warna broken white 4 meter bisa dapet 1 beskap model asraf, 1 rompi, 1 celana panjang, 2 peci no 7 dan 8, 1 pasang selop mas Koko n 1 pasang selop aku tinggi 3cm. Itu semua rp 550,000. Itu gak payet lho. Aku gak suka bling bling untuk acara di mesjid. Gak mahal kan. Kalo sewa busana pengantin pria saja tanpa asesoris itu bisa rp 500,000 sendiri.
Untuk busanaku hanya gamis simple. Bahan tulle prancis 4 meter kmd bahan velvet 4 meter n ada kombinasi dengan brokat cornelli 1 meter semua warna broken white. Jaitin di penjait Manna Sari di Kampung Ambon Rp 500,000 dapet diskon jadi Rp 450,000 hihi. Dan dapat sumbangan ongkos jahit dari adekku Ambar. Maaciiy.. Kemudian aku juga nyiapin buat slayer dari bahan tulle n rendanya. Nyiapin juga untuk kerudung2nya.
Untuk anak2 cewe kebaya encim lengan pendek tulip n anak cowo baju koko n celana. Semua warna broken white. Semua bahan baju didapat di Tanah Abang blok A, blok B, blok F2 dan Thamrin City.
Buat ponakanku si kriwil Farra juga kubuatin baju. Terusan putih. Deuh centil banget. tu bocah. Papa pake jasko n celana warna broken white. Aku jaitin juga celana papa, ambil contoh crlana papa trus kubawa ke mas Wid jait disana. Mama juga pake Malaysian dress warna broken white dengan bordir. Jadi beli bahan shantung itu dapet rok lilit Sarah dan Dinda, baju mama, baju kriwil Farra.



Untuk maharnya seperangkat alat solat dan uang US$ 2, 5 real, Rp 2,015 sesuai tanggal 2 Mei 2015. Aku semua sendiri yang menata. Dulu pernah terima jasa jual kotak hantaran dan wrapping. Waktu masih jaman multiply tuh. Orderan banyak dari Madura, Jawa, Kalimantan. Pekerjaan kritil banyak printilan. Mahar2 semua yang kerjakan aku, pas mau acara baru semua diserahkan ke anak2 untuk dibawa.
Tapi ini gak aku bentuk2 mukenanya. Dilipet n masukin ke kotak hantaran n kasi pita yg sudah jadi tinggal serut, jadi deh. Kemudian uang2 aku bentuk jadi 1 hati dan 5 kupu-kupu. Tutorial bikin origami hati n kupu dari youtube tentunya. Berawal dari hati kita berlima menjadi satu. Uang2nya dibantu cari dari Wiwit temanku yang dia punya langganan money changer n yang uang real dapet dari adekku yang baru pulang umroh. Kemudian semua origami uang2 itu kutempel di selembar kertas fancy gold sumbangan dari mak Ninang. Semua kubawa ke Pasar Baru untuk diframe dengan list warna putih. Sekalian beli frame2 warna putih untuk di meja display foto.
Oh ya.. gak ada seserahan. Mas Koko dari Malang juga ribet, aku lagi juga rempong
udh males mau wrapping n packing buat pindahan. Simple sajalah. Jadi tidak ada seserahan :)
Untuk pembawa mahar mukena dibawa oleh Sarah si sulungnya mas Koko. Mahar uang dibawa oleh Safir cah lanangnya mas Koko. Cincin sepasang emas putih seberat 9,99 gram dibawa oleh cah wedok Dinda anakku. Cincin belinya di Cikini, langganan dari jaman baheula. Seberang stasiun kereta rapi Cikini ada gedung jadul kecil isinya toko2 emas. 

Dinda, Sarah n Safir
Souvenir kipas putih, undangan n vas2 dr botol
Mahar uang kubuat sendiri bentuk hati n kupu
Foto2 di meja foto

Untuk foto prewed, ketika liburan ke Malang bulan December 2014, sekalian foto di hutan pinus Coban Talun Malang. Fotografernya sam Ananta White Wings. Fotografer muda teman mas Koko. Dia juga travel photographer sering mengantar turis fotografer mancanegara untuk keliling Indonesia. Konsep foto prewednya tempo hari aku sendiri yang menentukan. Konsep dengan sedikit sentuhan klasik Jawa. Busana klasik Jawa mas Koko dengan beskap lengan harjan dan kain panjang batik tulis dan aku juga berkebaya. Tapi aku gak puas juga dengan hijabku, make up sendiri sih masih Oke, kalo pake hijab sendiri agak pegal n harus ada kaca belakang.. Walhasil yang niatnya mau buat hijab draperi asimetris, malah jadi kayak orang habis keramas, kayak handukan diuntel2 huaaah..
Tapiiii.. Hasil foto2nya keren banget.. Kolasenya juga.. Empat jempols deh buat sam Ananta. Dan ini juga sumbangan. Sekali lagi alhamdulillah.. :)
Kalo untuk di mesjid, ada 3 fotografer teman2nya mas Koko yang bantu motret. Ada 1 fotografer dia itu motretnya dari lubang2 gebyok dekor pelaminan. Jadi ketika ak berdiri di pelaminan, kayak denger suara cekrek2 kamera.. Pas nengok eh itu fotografer kayaknya asyik banget. Gak tau juga konsep apa yang diusung para fotografer2 yang telah membantu kemarin. Terima kasih banyak untuk semua fotografer di tim foto pak St. Mathias yang telah bantu yaa :) Sehari sebelumnya pak Mathias masih foto untuk cover majalah di kawah putih Ciwidey.. Dan pak Mat juga gak mau dibayar. Katanya guru fotoku kok bayar aku. Alhamdulillah.. 





Untuk suvenirnya kipas putih kemudian undangan aku juga buat sendiri kombinasi kertas karton concorde putih n kertas renda yang biasa dipake alas kue n kasi pita. Karena memang undangan tidak banyak hanya keluarga di Jakarta n teman2 dekat. Jadi aku masih bisa buat sendiri. Keluarga, bude2 banyak di Jawa. Nanti kita yang sowan kesana, ke Semarang, Cepu, Madura..in shaa Allah. Dari situ ke Malang. Honeymoon keliling kota euy..dengan mobil baru. Hikmah nikah sederhana tapi ada mobil baru. Dan sekali lagi alhamdulillah :)

Teman2 deket, Darti Uje, mba Yanti yang nyumbang snack n kopi, mba Ana Mba Ina yang bantu makanan minuman, saudara2 om2 tante2, tante Lies dari Bandung yang bersedia jadi MC adik, sepupu mas Tok yang menjadi saksi pernikahan. Bang ojek Elung yang seksi rempong di mesjid. Pak Tikno sopir bagian wira wiri. Tetangga pak Ustad Nur yang bersedia jadi qori n tetangga juga ibu Hj Qoriyah guru ngaji Farrel ponakanku yang bersedia jadi saritilawah. Yayasan Mesjid Baabut Taubah Pulo Mas Jakarta Timur terima kasih banyak yang telah bersedia meminjamkan mesjid dan pendopo untuk acara akad nikah dan bpk Ustadz Jalal yang membantu menghubungkan aku ke yayasan. Alhamdulillah mesjid tidak menetapkan uang untuk penggunaan mesjid seperti mesjid2 di Rawamangun yang minimal 1 juta untuk penggunaan akad nikah. Untuk mesjid ini hanya membayar infaq seikhlasnya. Kisah di balik mesjid ini sebetulnya rada2. Aku sudah keliling2 mesjid sudah ke 3 mesjid yang di Rawamangun. Mesjid Babussalam, mesjid At Taqwa dan mesjid Syuhada. Tapi akunya gak sreg padahal beberapa kali rias manten di mesjid2 tersebut. Karena memang gak ada tempat untuk duduk2 abis akad. Harus sewa aula lagi, haiyaa.. Padahal tamunya gak banyak. Dan finally.. baru teringat mesjid Baabut Taubah Pulo Mas. Ya Allah.. Padahal tu mesjid tiap Kamis aku kesana untuk tausyiah jam 8-9.30.. Memang jarang orang umum pake mesjid tersebut untuk penggunaan akad nikah. Dan ada pendoponya luas di depan mesjid. Abis acara akad bisa duduk2 di pendopo. Mungkin karena aku jemaah disana jadi diijinkan minjem mesjid untuk acara akad nikah. Terima kasih untuk pak Ustad Jalal yang sudah bantu. 
Alhamdulillah semuanya kompak. Padahal gak ada rapat panitia. Semua susunan acara aku buat sendiri kemudian koordinasi ke masing2 penanggung jawab. Untuk catering dibantu dari Ina Ana Catering tetangga rumpiku si mba Ana :) 
Terima kasih banyak untuk semuanya.
Semoga Allah membalas smua kebaikan kalian. Aamiin
Tadinya masih bisa dikerjakan semua sendiri, hanya ketika mendekati hari H yang mau bantu ada aja. Ah senangnya.. 

DIY white wedding sendiri sebetulnya masih banyak konsep yang mau aku tuangkan, hanya karena diadakan di mesjid, banyak rencana yang urung aku lakukan. Seperti pelepasan balon2 putih yang digantungi kartu2 ucapan dari tamu, dekor juga kurang printilan putih2. Soalnya dapet pesan dari pak Ustad jangan dekornya jangan macem2 ya Mbak.. Pelaminan pun aku pesen yang minimalist. Dari dekor Win Gayo, mas Win mau ngikutin kemauanku yang dekor pelaminan gebyok coklat dengan bunga dominan putih n pastel. Tadinya dekor mau gebyok warna putih, tapi busana kita putih2, nanti gak ngecrong dong kita di pelaminan..aiaiaiaiai.
Yaah.. Sebetulnya juga sudah gatel mau pasang lampion2 putih di pendopo, tapi ngeri disambit sama pak ustadz.. #kaburr






Oh ya.. Kalo make up aku rias sendiri ya. Kudung n asesoris punyaku semua. Kalo pasang kudungnya di bantu mba Ria si kudung merah, temen riasku. Dia mah perias di sanggar Liza Jakarta. Beneran tuh gak mau dibayar. Alhamdulillah dapet sumbangan lagi. Banyak rejeki ya mba Ria :) soal hand bouquet juga mba Ria yang buat. Kita perias memang harus bisa buat hand bouquet, ronce melati dll. Untuk pengantin2ku, aku buat semua sendiri hand bouquetnya.  Malem itu bunga sudah datang semua, tapi aku sudah capek banget mau buat hand bouquet, bahan sudah ada semua. Rencana mau buat pagi udh gak keburu pula. Akhirmya semua bahan kubawa semua ke mesjid. N mba Ria yang anteng di lantai 2 buat hand bouquet ketika acara akad sedang berlangsung. Alhamdulillah hand bouquet selese juga bisa kupake waktu ke pelaminan #mantencentil

Untuk yang telah bantu acaraku,  ada sedikit suvenir sebagai ucapan terima kasihku. Isinya aroma terapi berikut tungku n lilinnya juga 1 botol selai espresso caramel dari www.bebikinan.blogspot.com yang mau beli silakan order yaa.


Alhamdulillah kupanjatkan puji dan syukur acara akad nikah kami yang sederhana dapat berlangsung lancar, cuaca cerah, makanan turah/lebih, banyak bala bantuan, eh besoknya malah hujan. Alhamdulillah kami sudah sah menjadi suami istri. Banyak ucapan selamat di Facebook di balas oleh mas Koko, aamiin doanya, tidak bisa membalas satu2, semoga saya bisa menjadi imam yang baik untuk keluarga. Aamiin
Yang komplen juga banyak karena tidak diundang, maaf ya guyz :)
Dan aku juga bisa jadi istri n ibu yang salehah, adil, bijaksana.

Cerita ketika acara di mulai, aku diumpetin dulu gak masuk mesjid. Aku ngintip dari atas lantai 2 ketika acara serah terima, pengalungan bunga melati oleh mama yg baki kalung melatinya dibawa oleh Dinda. Ketika semua sudah masuk mesjid, turunlah aku ke pendopo, poto2 sama temen2 deket di pendopo. pecicilan euy.. Tapi begetu namaku dipanggil..makblarrr... Ditemenin mbak Enny sepupuku yang dokter diantarlah aku untuk duduk di samping mas Koko yang di hadapanku adalah penghulu, kepala KUA kecamatan Pulo Gadung bapak Akhmad Azis S.Ag. Ni bapak penghulu ketika aku urus pendaftaran nikah, bolak balik aku dibuatnya. Kalo aku bilang lebih ruwet. Apa karena semua aku urus sendiri semua ya. Dan banyak dokumen yang harus disubmit.  Sedang mas Koko ada di Malang, jadi dokumen nunggu dikirim dari Malang dst dst dstnya deh. Terakhir aku bawain asinan kamboja buat pak penghulu.. Buat seger2an ya pak.. Saya tunggu 2 Mei di Mesjid Baabut Taubah Pulomas. Dan alhamdulillah penghulunya dateng dengan asisten gak pake dijemput..uhuyy
Ah.. Dan saat yang dinanti pun tiba. Ketika aku minta ijin sama papa. Maksud hati gak mau mewek... Tapi baru beberapa kata, nafas tercekat dan mulai dah..ngomong dengan tersedu sedan air mata mbrebes mili.. Hadeuuuh.. Kalo kebanyakan dosa sama orang tua kayak gini nih. Drama queen banget.. Kudengar mas Koko di sebelahku menarik nafas panjang beberapa kali. 
Dan hanya sekali ucap mas Koko dinyatakan sah oleh Penghulu, Saksi dan pemirsa lainnya. Anak2 di belakang kami duduk sambil bawa cincin, mahar mukena dan mahar uang, menyaksikan papa dan bundanya. Kalo kata Safir papa grogi abis. Hihi.. Yang mewek lagi pas sungkeman... Aaah tidaaak... Yang kejer malah mas Koko.. Eh sama2 kejer diing.. Hehehe :)
Ya getu deh pemirsa.. Yang belom merit, merit yaa.. Yang sudah merit pasti mengenang2 gimana dulu waktu acaranya dulu. Iya kaaan..
Buat mba Ana tetangga rumpiku, makasiy pinjeman taplak rajutan buat meja akad di mesjid. Konon taplak rajut dirajut sendiri oleh almarhum ibu Her, Mamanya mbak Anna. Demennya minjem sama tetangga, males bongkar lemari sendiri. Memang ya, kalo punya tetangga pada baek2. Nanya mulu apa yang mau di bantu, aku bilang gak usah Mbak, udah beres semua. Tetep aja mata plirak plirik ke meja tamu liat ada taplak rajut langsung disaut n bungkus buat meja akaddi mesjid.. Haha



Aku hanya perempuan biasa, yang ingin mencintai dan dicintai. 
Jangan berjalan di depanku atau di belakangku. 
Mari berjalan bersamaku ya mas Koko :)



Perjalanan Bogor - Jakarta
Di atas laju Exora Bold
20:07 wib




1 komentar:

OWMO mengatakan...

uuiihhh... keren tuh malang.
asik sekalian jalanjalan sambil prewedd.