Jumat, 21 Desember 2018

Wisata Murah Meriah De Berran



Di Batu tersedia banyak tempat wisata. Mulai dari wisata kuliner, wisata edukasi, sampai
wisata air coban/air terjun. Begitu pula dengan sumber mata air. Salah satu yang bisa kita kunjungi adalah Wisata air De Berran. Yuk kita kesana yuuuk





Asal Muasal De Berran



Arti De Berran dari bahasa Jawa Beran yang berarti areal tanah yang banyak mengandung air dan lokasinya berdekatan dengan sumber mata air. Sebelum dijadikan tempat wisata, sumber air ini hanya digunakan untuk kebutuhan minum, mandi dan cuci bagi warga dusun Gondorejo dan areal sekitarnya untuk menanam selada air. Goa sumber mata air dipercantik dengan relief patung kepala harimau dengan susu payudara besar dan mangga di pinggir kolam. Alasan harimau dan mangga ini terkait dengan nama dusun Pohkepek/Gondorejo yang nama Poh diambil dari pohon poh (mangga) dan kopek (kepek) dari susu harimau. 



Fasilitas di De Berran






Hanya dengan harga tiket masuk Rp5,000 kita sudah bisa masuk kesana. Setelah parkir kendaraan dengan tarif parkir motor Rp2,000 dan mobil Rp3,000 kemudian jalan kaki dan melewati tangga menurun untuk dapat mencapai lokasi.
Selain kamar ganti, toilet, musholla dan stan makanan juga terdapat rumah panggung yang dapat disewa rombongan untuk reuni, arisan, dll.
Beberapa gazebo tersebar di pinggir kolam dapat digunakan sebagai tempat istirahat juga tempat meletakkan barang selama ditinggal berenang.  Kolam renang dengan sumber mata air alami dengan panorama indah dan menenangan yang tidak menguras dompet sudah tidak diragukan lagi.


Kolam renang sumber mata air yang menyegarkan




Kolam renang De Berran menjadikan tempat andalan ini untuk berlibur bersama keluarga.
Memiliki luas dua ribu meter persegi yang berlokasi di Dusun Gondorejo, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kabupaten Malang, terdapat tiga kolam renang dengan sumber air berasal dari kumpulan mata air yang berada di sekitar dusun tersebut. Pergantian air yang terus menerus dari mata air yang aman dan tidak memerlukan bahan kimia, sehingga dipastikan masih terjaga kesegaran dan kebersihannya.  Kedalaman ketiga kolam bervariasi mulai dari 80 sentimeter, 100 sentimeter dan 150 sentimeter. Satu kolam lebarnya beragam dari 50 sampai dengan 200 meter persegi. 


Disamping kolam renang dengan lingkungan sekitar yang masih alami berikut pepohonan rimbun menghijau juga gemericik sumber mata air, juga menyediakan fasilitas lengkap apalagi tiket lmurah. Jadi bagaimana, sudah cantumkan De Berran di daftar liburanmu berikutnya?

Tidak ada komentar: